Khalid bin walid rhu memberikan kabar/cerita tentang dakwah yang telah dia lakukan

Surat khalid bin walid rhu kepada rasulullah saw

Bismillahirrahmanirrohim

Kepada Muhmmad Nabi dan rasulullah saw, dari khalid bin walid

Assalamualaika yaa rasulallah! Warahmatullahi wabarakatuh

Aku memuji engkau kepada Alloh SWT yang tiada tuhan selainNya. Selanjutnya….

Wahai rasulullah saw, engkau telah mengirim aku kepada bani harits bin kaab dan engkau telah memerintahkan bahwa apabila aku telah sampai ke tempat mereka supaya mengajak mereka untuk masuk islam selama tiga hari sebelum memerangi mereka. Jika mereka mau masuk islam maka aku terima keislaman mereka, lalu aku ajarkan kepada mereka berbagai pengetahuan tentang islam, tentang alquran, dan sunnah-sunnah nabiNya. Namun jika mereka menolak, maka terpaksa aku harus memerangi mereka.

Dan sungguh aku telah datang kepada mereka, lalu aku ajak mereka kedalam islam selama tiga hari seperti yang telah diperintahkan oleh rasulullah saw. Aku juga telah mengutus beberapa orang untuk menyeru kepada mereka, “wahai bani harits, masuklah kalian ke dalam islam, niscaya kalian akan selamat! Maka mereka pun semuanya masuk islam dan tidak mengadakan perlawanan. Sekarang aku masih tinggal bersama mereka untuk menyampaikan kepada mereka apa-apa yang diperintahkan oleh Alloh SWT dan apa-apa yang dilarangNya. Aku juga mengajarkan kepada mereka berbagai pengetahuan tentang islam dan sunnah-sunnah Nabi saw, hingga (kini aku menunggu) surat balasan untukku dari rasulullah saw.

Wassalamualaika yaa rasulallah warahmatullaahi wabarakaatuh

Surat balasan dari rasulullah saw kepada khalid bin walid rhu

Setelah menerima surat dari khalid bin walid rhu, rasulullah saw mengirimkan surat balasan kepadanya sebagai berikut:

Bismillahir Rahmaanir Rahiim

Dari Muhammad, Nabi dan rasulullah saw, kepada khalid bin walid rhu

Assalamualaika,

Aku memuji engkau kepada Alloh SWT, yang tiada tuhan selainNya. Selanjutnya…

Suratmu telah aku terima dan utusanmu itu telah memberitahukan kepadaku bahwa bani harits bin kaab telah menyerah sebelum kalian perangi, mereka juga telah menerima ajakan kalian untuk masuk islam, dan mereka telah bersaksi bahwa tiada tuhan selain Alloh dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan Nya. Setelah mereka diberi hidayah oleh Alloh swt (beriman), maka sampaikan kabar gembira dan peringatan kepada mereka, dan sambutlah mereka serta bawalah kepadaku beberapa orang utusan dari jamaah mereka sekarang juga.

Wassalamualaika warahmatullaahi wabarakaatuh

Khalid bin walid rhu kembali kepada nabi saw bersama utusan bani harits

Setelah menerima surat balasan dari nabi saw, khalid bin walid rhu bersama beberapa utusan bani harits bin kaab bersiap-siap untuk kembali kepada nabi saw. Setibanya dihadapan nabi saw, dan beliau melihat mereka maka beliau bnertanya,” Siapakah mereka? Kelihatannya mereka seperti orang-orang India? Para sahabat menjawab, “Ya rasulullah, mereka adalah bani harits bin kaab.” Ketika mereka berdiri dihadapan rasulullah saw, mereka memberi salam kepada beliau dan semuanya langsung berikrar . “Kami bersaksi bahwa engkau adalah rasulullah, dan kami bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada tuhan selain Alloh.”. Mendengar ikrar mereka rasulullah saw pun berkata, “ Aku juga bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Alloh dan sesungguhnya aku adalah utusan Alloh.”, Kemudian beliau bertanya, “Apakah benar kalian adalah orang-orang yang apabila diserang, kalian selalu maju untuk melawan? Mendengar pertanyaan nabi saw, mereka semuanya diam dan tidak ada satupun yang berkomentar. Lalu beliau mengulangi pertanyaan itu kedua kalinya hingga ketiga kalinya tetapi mereka masih tetap diam dan tidak ada satupun yang berkomentar. Kemudian nabi saw mengulangi pertanyaan tersebut untuk keempat kalinya, maka salah seorang diantara mereka yang bernama yazid bin abdul madan menjawab, “Benar ya rasulullah, kami adalah suatu kaum yang apabila diserang, kami selalu maju untuk melawan”—dia mengatakan demikian sebanyak 4 kali. Maka rasulullah saw bersabda, seandainya khalid bin walid rhu tidak memberitahukan lewat suratnya kepadaku bahwa kalian telah masuk islam tanpa perlawanan dari kalian, niscaya sudah aku tanggalkan leher-leher kalian dibawah kaki-kaki kalian. Yazid bin abdul madan menjawab,”Demi Alloh, kami tidak akan memuji (berterima kasih) kepada engkau dan tidak juga memuji (berterimakasih) khalid bin walid”. Beliau bertanya, “kalau begitu, siapa yang kalian puji?” Yazid menjawab, “Kami hanya akan memuji (berterima kasih) kepada Alloh yang telah memberikan hidayah kepada kami dengan perantaraan engkau ya rasulullah.” Maka beliau saw menjawab., “Memang benar apa yang kalian katakan itu.” Lalu Nabi saw bertanya lagi, “Karena apa kalian selalu dapat mengalahkan setiap musuh yang menyerang kalian pada masa jahiliyah?” Mereka menjawab, “Kami tidak pernah mengalahkan siapa pun.” Nabi saw berkata, “Memang, pada zaman jahiliyah kalian selalu dapat mengalahkan setiap musuh yang menyerang kalian.” Mendengar hal itu, mereka pun menjawab, Ya benar, memang kami selalu dapat mengalahkan setiap musuh yang menyerang kami, Karena kami selalu bersatu dan tidak pernah berpecah belah, dan juga kami tidak mendahului berlaku dzalim kepada siapapun.” Kemudian Nabi saw mengangkat Qois bin hushain sebagai pemimpin mereka. (Hr. Ibnu ishaq, seperti terdapat dalam kitab al bidayah jilid v

halaman 98. Al waqudi telah mensanadkan periwayatannya dari jalan ikrimah bin Abdurrahman bin harits, seperti terdapat dalam kitab al ishaabah jilid III halaman 660)

Sumber: Hayatush shohabat jilid I, maulana yusuf rah

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: